Monday, September 19, 2005

JARINGAN SYARAF TIRUAN UNTUK MENENTUKAN PENGELOMPKAN BANK UMUM NASIONAL SEBAGAI LANGKAH PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI

Kemas M Fadhli

Sigit Priyanta

Mahasiswa Ilmu Komputer UGM

Dosen Ilmu Komputer UGM

Abstrak

Untuk memahami dan memiliki gambaran yang lengkap mengenai Bank Umum Nasional yang potensial, maka dirasakan sangat perlu mengetahui posisi serta profil Bank Umum Nasional yang ada. Dengan diketahuinya posisi serta profil Bank Umum Nasional tersebut, maka dapat diketahui informasi-informasi tertentu yang sangat diperlukan untuk membuat kebijakan-kebijakan kedepan. Untuk menentukan posisi tersebut diperlukan beberapa parameter-parameter masukan seperti : CAR (Capital Adequancy Ratio), PPAP (Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif), ROA (Return on Assets), ROE (Return on Equity), LDR (Loans to Deposit Ratio) dan KR_DN (Pertumbuhan Kredit / Pertumbuhan Dana), BO_PO (Biaya Operasi / Pendapatan Operasi), NIM (Net Interest Margin), NPL. Outputnya berupa kelompok-kelompok bank yang terdiri dari 4 kelompok (cluster).

Teknologi sistem jaringan syaraf tiruan telah di-implementasikan dalam berbagai aplikasi terutama dalam hal pengenalan pola. Kemampuan inilah yang telah menarik beberapa kalangan dalam menggunakan jaringan syaraf tiruan untuk keperluan kesehatan, keuangan, investasi, marketing dan lain lain. Pada makalah ini akan dibahas penggunaan Jaringan Syaraf Tiruan Feedforward / Backpropagation.

Bank Indonesia melakukan proses evaluasi terhadap bank-bank umum nasional yang nantinya hasil evaluasi ini akan diolah dan dianalisis lebih lanjut. Hasil dari pengolahan data evaluasi ini akan dimasukan ke sebuah sistem jaringan syaraf tiruan dimana sistem ini akan mempelajari data-data tersebut, untuk kemudian bisa mengenali nilai-nilai dari parameter sehingga dapat menentukan pengelompokan Bank Umum Nasional.

Kata kunci : Bank Umum Nasional, Jaringan Syaraf Tiruan

7 comments:

ferry cahyadi putra said...

Saat ini saya sedang membuat research ttg ANN terutama aplikasinya ke Perbankan, bisakah saya dikirimkan paper lengkap ttg riset anda ?

Ferry Cahyadi Putra, S.Si
Credit Risk Analyst
PT Bank Bukopin

hendriek kurniawan said...

nama saya hendriek kurniawan saya mahasiswa tingkat akhir dari universitas gadjah mada jurusan teknik industri.
saat ini saya sedang menyusun tugas akhir tentang jaringan saraf tiruan untuk analisa perbankan untuk kredit.
bisa saya dikirim paper mengenai jaringan sarat tiruan untuk perbankan yang lengkap untuk referensi dan data pendukung tugas akhir saya.
terima kasih sebelumya.
kalau boleh kirim ke email
son_tgl@yahoo.com

Anonymous said...

saya sita mhs teknik industri UPN. saya tertarik mengambil TA tentang jaringan saraf tiruan untuk pelayanan jasa. bisa saya dikirim paper ttg JST untuk referensi?tolong dikirim ke email saya sita_maniezt@yahoo.com. maturnuwun. thanks a lot

Anonymous said...

What a great site film editing schools

Anonymous said...

That's a great story. Waiting for more. »

somebody said...

酒店經紀人,菲梵酒店經紀,酒店經紀,禮服酒店上班,酒店小姐,便服酒店經紀,酒店打工,酒店寒假打工,酒店經紀,酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工經紀,制服酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工,酒店經紀,制服酒店經紀,酒店經紀

zakki said...

bagus juga tuh diterapin di bank!