Friday, February 24, 2006

Cerita Palembang

Liburan, gak salah tuch, bukannya banting tulang?? Yah 3 hari kemaren diriku ini cuti dari dunia komputer, blas gak megang yang namanya keyboard.
Yah bonyok dan sepupu gw (1) dateng demi mengikuti upacara wisuda gw, fiuh... capek nemenin mereka jalan-jalan, tapi ada beberapa cerita yang asik juga kliatannya klo dibagi.
oke kita start dari gw wisuda...
Pagi hari yang cerah, gw dateng ke GSP, wew rame sekali disana, seperti mau ada pertandingan sepak bola saja, gw langsung absen lalu baris, nah waktu baris ini sungguh malang nasi gw dah, dimana tidak ada 1 makhluk pun yang satu prodi ma gw dan juga 1 angkatan, hikss... jadinya gak ada temen, sama temen2 angkatan 2001 resek banget, masak gw diusir-usir, akhirnya gw pergi ke temen2 angkatan tua....
Pas di dalem, fiuh.. panas sekali, ternyata masuk ke dalam GSP atas keren juga yah, ukirannya gak nguatin. Ternyata di dalem tuch kaya' stadion, kita di bawah, trus di atas ada yang nonton gitu.
Abis acara di dalem dilanjutkan dengan acara foto-foto, buset yang foto rame amat, akhirnya mending pulang ja dah daripada foto-foto. akhirnya kita pulang.

Hari Kedua Cuti

Bangun pagi kuterus mandi, habis itu menggosok gigi, baru deh gw pegi, jalan-jalan keliling Jogja ampe malem, kita ke Borobudur, Parang Tritis, dan tempat-tempat lain (males nyebutinnya). Pas dijalan ini gw crita2 ma bokap gw, hmm ternyata di Palembang sekarang akan dibangun Musi III (jembatan yang menghubungkan daerah plaju dengan pasar kuto). Beliau bilang, bahwa orang2 ayib di pasar kuto sekarang akan dipindahkan, artinya digusur man..., wah kasian deh orang-orang itu.
Trus gw nanya, lah masjid Tua yang di dekat Bom Baru itu digusur juga gak (masjid Lawang Kidul), ternyata gak, sukurlah karena masjid itu adalah masjid tua yang mempunyai saudara sebanyak 3, yaitu Masjid Kiai Murogan dan Masjid ... (Gue Lupa namanya), wah klo cerita masjid Kiai Murogan jadi inget critanya bahwa nih Kiai katanya naek haji pake sajadah. Mungkin gak yah??
Dan juga konon katanya nih kiai kuburannya kramat, jadi misalnya ente-enta gak punya anak ambil ja batu yang berada disekitar kuburannya, katanya batu itu berhasiat, tapi jangan lupa klo ente udah punya anak, kembalikan batu itu disekitar kuburannya.
Trus gara-gara crita kiai murogan gw inget cerita kiai pedatukan, dimana Kiai ini mengadakan pesta besar-besaran, namun masak makanan sedikit, ntah bagaimana caranya sehingga makanan yang dimasak sedikit itu tiba-tiba menjadi cukup untuk dimakan oleh orang yang sangat banyak.
Trus abis itu ada lagi crita tentang kiai di suro, konon beliau mau mbangun masjid dan orang-orang bilang bahwa bahan-bahan yang digunakan untuk membangun masjid itu kurang, terutama kayu, yaitu kayunya menjadi pendek. Tiba-tiba sang kiai bilang, coba ja dibangun dulu, ntah gimana caranya juga tiba-tiba kayu tersebut menjadi panjang, dan ukurannya menjadi cukup.
Aneh memang orang-orang jaman dulu, ntah itu sekedar cerita saja atau kenyataan.
Mungkin sama seperti crita tentang patung Budha yang ada di Borobudur, klo lelaki pegang jari manis dan perempuan pegang telapak kakinya dengan menaburi bunga, katanya klo doa, doa kita bakal terkabul, atau crita tentang alun-alun kidul yang berjalan dengan menutup mata dan memegang batu dari pagar beringin itu doa kita akan terkabul.
Yah begitulah Indonesia Raya, Kebudayaannya ternyata banyak.
Gara-gara cerita-cerita ma bokap gw, jadi inget gw kecil dulu yang minta ceritanya, dan bokap gw ceritanya gini...
Seluang-seluang, ngapo kau timbul?
Kumpe tumbuh.....
Kumpe-kumpe ngapo kau tumbuh?
karena ujan turun...
Ujan-ujan ngapo kau turun?
Sang kodok manggil aku..
Kodok-kodok ngapo kau manggil ujan?
Ulo makan anak aku..
Ulo-ulo ngapokau makan anak kodok?
Kareno sudah makananku nian...
Cemadak Cemadik Abis Ceritonyo...
karena udah abis, jadi ceritanya abis juga yah... hehehe
NB :
Kumpe = Eceng Gondok
Ulo = Ular
Seluang = Ikan sungai kecil 1 jari.

13 comments:

Wawan said...

Macam mana kau orang?
Tak masuk di akal kau ini. Bah.

rien said...

yuhuuuuuuuuu sarjanaaaaa....!!!

Aswad said...

Cerita yang aneh...

Anonymous said...

Best regards from NY!
» »

Anonymous said...

This is very interesting site...
free online + scrabble 24 hr fitness cleanser health skin care beauty oily teen how to install hp deskjet 3740 printer best minivans 2005 phentermine for sale free webspace canada hpv cervical cancer infinity amplifier car stereo sportsbooks online software accounting business insurance

Anonymous said...

Nice site!
[url=http://wrddqiqq.com/syku/gamh.html]My homepage[/url] | [url=http://ophtzeql.com/qffs/kado.html]Cool site[/url]

Anonymous said...

Great work!
My homepage | Please visit

Anonymous said...

Thank you!
http://wrddqiqq.com/syku/gamh.html | http://vtqjjpzp.com/kvsj/aiay.html

Anonymous said...

Nice site!
[url=http://wrddqiqq.com/syku/gamh.html]My homepage[/url] | [url=http://ophtzeql.com/qffs/kado.html]Cool site[/url]

Anonymous said...

I have been looking for sites like this for a long time. Thank you! »

Anonymous said...

best regards, nice info video editing programs

somebody said...

酒店經紀人,菲梵酒店經紀,酒店經紀,禮服酒店上班,酒店小姐,便服酒店經紀,酒店打工,酒店寒假打工,酒店經紀,酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工經紀,制服酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工,酒店經紀,制服酒店經紀,酒店經紀

Anonymous said...

Good brief and this mail helped me alot in my college assignement. Thank you on your information.