Monday, November 12, 2007

Busway Bukan Solusi

Jakarta Macet?? Udah biasa kaleee, tapi belakangan ini orang banyak rebut Jakarta tambah macet gara-gara project edan di jalan raya cikal bakal dari busway.

Pemda DKI berencana membangun busway untuk menghindari kemacetan yang ada.

Waks perasaan saya busway itu tidak mengobati kemacetan yang ada malah menambah kemacetan, lihat saja hasil dari project busway yang sudah jalan di daerah Mampang terus ke selatan, yah macet, tetep aja macet!!!

Klo dipikir-pikir, walaupun ada busway sampe koridor berapapun, tetep aja Jakarta pasti bakalan macet. Hal ini disebabkan kesadaran masyarakatnya yang semua pengen berkendaraan. Kalau ditilik lebih lanjut, source dari kemacetan di Jakarta adalah mobil pribadi bukanlah angkutan umum (mungkin angkutan umum di beberapa tempat). Nah buat apa membuat angkutan umum klo masyarakatnya tidak mau naik angkutan umum.

Kalau di Jakarta orang mengantri buat naik angkutan umum selama berhari-hari mengantri, maka buatlah busway, tapi klo kaya gini, yah aku yakin pekerjaan itu sia-sia.

6 comments:

kramero said...

semuanya ngga bisa instan, del..
Pas koridor pertama dibangun, orang2 juga pada mencak2 semua. sekarang malah lebih banyak yang bersorak sorai gembira.

besides, pernyataan kalo masyarakat ngga mau naik angkutan umum, saya rasa kurang valid.
Datanya mana?
di lingkungan kecil gue, 5 orang teman yang biasanya naik kendaraan pribadi untuk ke kota, sekarang udah naik busway kok.

galz said...

makany kl mudik jgn bawa tambahan orang pas balik lagi, jakarta makin sempit..

hahah *btw gw jg mo nyoba ksonoh, katany enak buat ngadu nasib :p -jkt mnarik minat-

podelz said...

@rio : wah bener juga lo gw gak punya data validnya, cuma based on analogi dan logika gw yang agak aneh. Tapi mungkin dilingkungan lo pada banyak yang naik angkot, tapi dilingkungan kerja gw menghina-hina angkot (pada males). Mungkin masalahnya bukan cuma itu, bener kata galz, orangnya dijakarta dah kebanyakan bo', ah klo mikirinnya memang complicated :D:D pusing

podelz said...

@kramero: "...Pas koridor pertama dibangun, orang2 juga pada mencak2 semua. sekarang malah lebih banyak yang bersorak sorai gembira..." klo gw gak bersorak sorai bro, karena klo pulang pas jamnya ramai yang ada mati wae, kita kayak hidup dihutan, yang kuat yang menang, dengan muka nempel di kaca... klo armadanya banyak sih mungkin pada sorak sorai kayak kata lo... (gw kesel karena gw pnh telat gara-gara naik busway yang katanya gak macet dan gak lambat :(, serta gak ngantri )

kramero said...

Wakakakaka..
Kalo berdesak2an nya sich emang bener del..
Soalnya budaya antri masih terlalu canggih buat masyarakat kita yang primitif..

somebody said...

酒店經紀人,菲梵酒店經紀,酒店經紀,禮服酒店上班,酒店小姐,便服酒店經紀,酒店打工,酒店寒假打工,酒店經紀,酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工經紀,制服酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工,酒店經紀,制服酒店經紀,酒店經紀