Wednesday, November 07, 2007

Nama Saya

Orang banyak bertanya, kenapa saya dipanggil Fadel padahal sebenernya panggilan saya adalah Fadhli. Berikut penjelasannya.

Nama saya adalah Kemas M Fadhli, mungkin orang bertanya apa itu ‘M’ ditengah-tengah? ‘M’ tersebut adalah Muhammad, namun ntah kesalahan seperti apa yang terjadi sehingga nama tengah saya tersebut disingkat di akte kelahiran menjadi ‘M’.

Arti nama saya per kata adalah :

Kemas adalah gelar keturunan dalam kesultanan palembang, dimana kemas pada jaman itu adalah orang-orang yang mengatur perekonomian dalam lingkungan kesultanan. Namun saat ini saya bingung apakah kemas dan kimas itu sama, klo menurut saya kemas dan kimas itu berbeda, dari segi penempatan dalam nama saja sudah berbeda, klo kemas penempatannya di depan dan kimas itu penempatannya di belakang, sedangkan nama gelar keturunan dalam kesultanan palembang tersebut diletakkan di depan.

Muhammad adalah nama nabi di Islam yang sangat dimuliakan, yaitu Nabi Muhammad SAW.

Fadhli diambil dari bahasa arab yang artinya kelebihanku, ihsanku.

Sebenarnya panggilan saya itu banyak, di lingkungan keluarga, saya lebih dikenal sebagai Adek, ini karena saya adalah anak bontot dari 3 bersaudara, jadi yah saya terima sebagai dipanggil Adek. Lalu pada saat SD saya dipanggil oleh teman-teman sebagai Kemas, padahal panggilan ini tidak lazim, karena apabila teman-teman menelepon ke rumah, dan mencari Kemas, maka orang dirumah saya bingung karena terdapat 3 orang Kemas di rumah itu yang tak lain dan tak bukan adalah bapak saya dan kakak saya.

Saat SMP saya mulai memperkenalkan diri saya sebagai Fadhli, dan itu berhasil, banyak orang yang memanggil saya Fadhli. Namun pada saat saya kelas 2 SMP, salah seorang guru Agama saya menanyakan nama saya karena kesalahan tolol yang saya lakukan, lalu saya bilang nama saya adalah Fadhli, lalu dia menjawab oo Fadil, dan saya pun bedebat dengan menjawab “bukan pak nama saya Fadhli”, dia menjelaskan bahwa Fadhli itu sama dengan Fadil (asal kata Fadhli ya Fadil), padahal secara bahasa arab, 2 kata itu adalah beda dimana arti Fadhli adalah kelebihanku sedang arti Fadil adalah yang utama atau keutamaan (Fadilah). Seiring dengan perkembangan zaman, terjadi pergeseran penyebutan Fadil menjadi Fadel, dan sejak saat itu banyak orang yang memanggil saya Fadel karena klo memanggil Fadhli lebih agak susah dibanding dengan Fadel. Yah apapun itu yang penting Fadhli & Fadil (Fadel) memiliki arti yang sangat baik semuanya.

Pada saat SMA saya tetap memperkenalkan diri sebagai Fadhli, namun karena pada saat SMA saya seperti pindah kelas dari SMP maka nama Fadhli lama-lama memudar menjadi Fadel kembali.

Pada saat kuliah saya kembali lagi memperkenalkan diri sebagai Fadhli, namun karena ada 1 teman SMA saya yang masuk kuliah bareng dengan saya, maka dia memperkenalkan kepada teman-teman kuliah saya untuk memanggil saya dengan Fadel. Dan kembali banyak temen-temen saya yang memanggil Fadel. Namun ada beberapa orang sahabat saya yang memanggil saya dengan panggilan Lili (Cowok kok dipanggil seperti ini, sial!!!!), namun ini tidak sepopuler nama Fadel.

Akhirnya untuk pertama kali saya memperkenalkan diri saya sebagai Fadel adalah pada saat saya bekerja, dan ada beberapa orang yang tidak mau memanggil saya Fadhli di tempat kerja, karena katanya nama saya adalah Fadhli, sekali Fadhli tetaplah Fadhli.

Oh ya di dunia maya saya memperkenalkan diri saya sebagai podel yang kemundian bertransformasi sebagai podelz, dimana nama ini adalah selewengan dari kata Fadel yang diberikan oleh teman saya sebangku pada saat kelas 1 SMA.

Yah apapun namanya mau Kemas, mau Fadhli, mau Fadel, mau podel, mau podelz saya tetap terima, asalkan jelas maksud dan tujuan dari panggilan tersebut dan ingat nama saya sebenarnya adalah Kemas M Fadhli!!!

14 comments:

galz said...

pod,pod -> lahh jd ipod
del,del -> lah ondel²
hihi..
btw akhiran nick kita sama delz :p
hidupp '-lz'! oposih

fedy said...

temen 1 SMA itu izzul ya del, wah bukannya dia sudah seperti teman hidup, kemana2 bersama hahahaha

lili --> yang mulai kayaknya dino/faisal

podelz said...

@fedy :lili itu yang mulai jayanti ;), yah tau sendiri klo sudah jayanti yg tau :P:P

kramero said...

Ooo...
Ternyata yang memperkenalkan panggilan Fadel di kuliahan itu tak lain dan tak bukan adalah saudaranya Fedy...!
Baru tau gue sekarang..

podelz said...

bhuakakakkaka..... memang dia adalah adiknya fedy :D

fedy said...

wuasenggggggg
konspirasi nih....

ariawan said...

del takodel kodel.. aku lupo lagi bikinnyo del.. agek malem berarti.. :p

Chung said...

hahahaha....
lutju jugag sejarahnya... :D

-tikabanget- ™ said...

haluw dudullzzz..
*hihi.. enak dudulz daripada podel..*

podelz said...

@tika : sialan, lu yg dudulz tuch

izzul said...

hatchih...
*bersin-bersin*

temen sma yang mempopulerkan itu kayaknya kenal... orangnya ganteng kan del?

quizumba said...

Salam

Kemas itu adalah gelar yang diberikan kepada keturunan raja-raja Palembang. Awal mulanya di tulis dengan Ki Mas/ Kimas, karena masih ada keterkaitan dengan sebutan di pulau Jawa. FYI, Sultan Palembang yang pertama bergelar Pangeran Ratu Kimas Hindi Sri Susuhanan Abdurrahman Candiwalang Khalifatul Mukminin Sayidul Iman (atau lebih dikenal Kimas Hindi/Kimas Cinde.

Nah yang tidak ada sangkut paut asal muasal dengan Kesultanan Palembang adalah Kiemas. Kiemas adalah nama keluarga saja. Begitu informasi yang saya tahu.

M. Ananda Kemas

somebody said...

酒店經紀人,菲梵酒店經紀,酒店經紀,禮服酒店上班,酒店小姐,便服酒店經紀,酒店打工,酒店寒假打工,酒店經紀,酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工經紀,制服酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工,酒店經紀,制服酒店經紀,酒店經紀

Kemas M. Avrieldi said...

Mungkin klo and sering dipanggil fadel, krna susah memanggil nama Fadhli. // Sma Nama Saya Kemas M Avrieldi... Salam Kenal ^_^