Wednesday, January 09, 2008

Flash produk dari Telkomsel

Anda tau flash atau dengan kata lain Telkomsel Flash? Menurut websitenya Telkomsel, Flash adalah layanan akses internet nirkabel (wireless) kecepatan tinggi melalui laptop atau PC (desktop) yang dapat diakses melalui modem datacard, ponsel ataupun router.

Syaa mempunyai pendapat pribadi tentang Flash ini, kalau menurut saya yang membedakan Flash sama produk layanan sebelumnya adalah di bagian pembayaran bukan di bagian kecepatan tingginya. Flash itu adalah layanan akses internet nirkabel (wireless) dengan sistem pembayaran berdasarkan waktu penggunaan melalui laptop atau PC (desktop) yang dapat diakses melalui modem data card, ponsel ataupun router.

Kalau masalah kecepetan tinggi atau nggak itu tergantung teknologi  yang ada di modem datacard, ponsel, router dan juga tentu saja ketersediaan jaringan dari providernya (alat-alat dalam koneksi internet). Misal apabila alat-alat dalam koneksi internet tersebut menggunakan teknolog gprs yang menurut wikipedia kecepatannya mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, apakah koneksi dengan kecepatn seperti ini bisa dinlai koneksi dengan kecepatan tinggi? Mungkin benar apabila Flash digunakan pada jaringan 3G apa lagi HSDPA maka kecepatan koneksinya tinggi, namun apakah Flash ini hanya bisa digunakan di jaringan 3G atau HSDPA?

Saya pernah mencoba di jaringan gprs, ternyata system Flash ini tetap berjalan, yah itu tadi yang membedakannya hanya pada system pembayaran dimana kalau system pembayaran yang lama, berdasarkan jumlah data yang di transfer (Based on Volume), sedangkan Flash berdasarkan waktu penggunaan (Based on Time)

Tentang alat-alat koneksi internet, banyak juga yang ambigu, banyak yg bilang bahwa untuk konek ke Flash diperlukan modem yang bermerk Flash tersebut, sebenernya tidak juga, kita bisa menggunakan HP kita atau juga membeli modem GSM merk lain, nanti kita hanya mengkonfigurasi pada waktu akan membuat koneksi (seperti konfigurasi pada waktu dial up). Untuk konfigurasi dapat dilihat dalam blog berikut.

Nah, ada beberapa tips menurut saya biar kita bisa memaksimalkan sistem pembayarannya yaitu : Apabila kita menggunakannya hanya untuk check e-mail (pop3), chatting atau browsing website2 yang memiliki resolusi rendah (gambar sedikit) maka gunakanlah sistem yang lama (Based on Volume), namun apabila kita pengen download file-file yang guedhe seperti film, musik atau ngenet friendster dengan sangat lama, gunakanlah sistem pembayaran Flash.

5 comments:

kramero said...

tarifnya berapaan del per-jam..?

podelz said...

please see : http://www.telkomsel.com/web/pricing
heheheh :P

OchiePoenyA said...

Hmmm waktu ngadirin launching Telkom Solution House ada stand TELKOMFlash..sempat tertarik juga sich...soalnya internet sekarang udah jadi kebutuhan...sayangnya...untuk kita bisa berlangganan kita harus beli paket yang harganya ampe hampir 2jt, atau harus jadi pelanggan telkomsel...males dech...mana gak unlimited pula... tetap setia ma yang sekarang ajah...

highestlimit said...

emang sih bisa milih paket2nya yg dimana semakin banyak lo beli semakin murah
Susah banget emang mau ngeluarin layanan yang murah

somebody said...

酒店經紀人,菲梵酒店經紀,酒店經紀,禮服酒店上班,酒店小姐,便服酒店經紀,酒店打工,酒店寒假打工,酒店經紀,酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工經紀,制服酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工,酒店經紀,制服酒店經紀,酒店經紀