Monday, February 04, 2008

Enak Aja!!!

Banjir jakarta menyisakan duka dan derita. Banjir yang terjadi kemarin, terjadi karena sanitasi air yang buruk di Jakarta, bayangkan saja, pintu air manggarai, depok dan katulampa yang selama ini menjadi indikator banjir, masih di dalam batas normal. Jadi banjir kemarin murni karena ”bingung”-nya air mau pergi ke mana.

Nonton berita selama banjir, ada kata-kata dari seorang pembesar yang mengatakan banjir itu salah masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Dengan nada seperti itu, terlihat bahwa pembesar tersebut sepertinya hanya menyalahkan masyarakat. Ok lah memang benar salah masyarakat, tapi apakah pemerinta juga tidak salah? Bagaimana masyarakat tidak mau membuang sampah sembarangan, mencari kotak sampah aja susah di Jakarta.

Ini pengalaman pribadi saya, sering sekali saya jalan di pinggir jalan gede (sebut saja Sudirman, Gatot Subroto, S. Parman), ketika saya membeli air minum dan airnya sudah saya minum sampai habis, saya sering kebingungan untuk membuang sampah dimana, karena setelah jalan berpuluh2 meter tidak ditemukan tempat sampah. Jadi saya bawa saja, walaupun kadang-kadang akibat sebel, botol saya buang aja di jalan tersebut (sungguh tidak bermoral saya).

Nah bagaimana masyarakatnya mau sadar agar tidak membuang sampah sembarangan, sedangkan fasilitas saja tidak ada, coba tiap 50 meter ada tempat sampah, mungkin secara psikologis masyarakat jadi akan terus ingat untuk membuang sampah pada tempatnya, karena setiap 50 meter kita melihat tempat sampah, yang artinya kita harus membuang sampah pada tempatnya. Yah kalau gak ada budget minimal ada 1 tempat sampah di halte, jadi gak susah lagi klo mau buang sampah.

4 comments:

bebex said...

di indonesia itu,,sistemnya udah pada rusak smua..
jadi bukan cuma karna SAMPAH!
nyampah ajha lo ah :D
btw,,
nih blog kusam amad,,contoh dunk blog gueee..ciamik berat tuh!
wekekekkekeke ^^

sigitpriyo said...

hehehe...
Priok g banjir dunk

Anonymous said...

setelah gw pikir2..bner juga yach kok dipinggir jalan gede ngga disediain tempat sampah..
padahal gw kerja di daerah sudirman..ko gw ngga ngeh..apa gw termasuk masyarakat jakarta yang ngga peduli ma sekitar??tapi gw juga bukan orang yang tega untuk buang sampah ditengah jalan..
well..selama ini sey gw keep kaya yang lo bilang..
hikz..mo jadi apa yach jakarta Qt klo kaya gini???

somebody said...

酒店經紀人,菲梵酒店經紀,酒店經紀,禮服酒店上班,酒店小姐,便服酒店經紀,酒店打工,酒店寒假打工,酒店經紀,酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工經紀,制服酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工,酒店經紀,制服酒店經紀,酒店經紀