Monday, August 04, 2008

Try to use LINUX without Windows

Setelah punya notebook kemarin sempat bingung mau pilih OS nya apa, karena waktu beli tidak ada logo windowsnya di laptop saya… Pertamanya sih sempat berniatan untuk menginstall WinXP tapi untung diselamatkan oleh yang namanya driver, dimana driver HDD SATA gw gak detect di Win XP, jadilah saya bingung kembali.

Pengennya sih nginstall Tiger-nya Mac, tapi ingat notebook saya bukan Mac jadinya saya gunain linux. Langsung teringat masa lalu dimana saya sempat menggunakan UBUNTU dan pengen lagi coba untuk menggunakan. Pertama nyoba pake live cd, seluruh driver berjalan… lalu tak installnya ke dalam komputer saya.

Setelah terinstall, mulalilah jiwa petualang gw keluar dimana gw mencoba untuk ngetest seluruh device yang ada di notebook gw. Pertama adalah WiFi, ternyata jalan, lalu Bluetooth, kemudian aneh di Motorola L6 kadang-kadang bisa nyambung, kadang-kadang nggak. Lalu mulailah dilakukan googling, ditemukanlah sebuah applikasi yang disebut Bluetooth manager, dan berhasil..

Lalu sekarang bagaimana memanfaatkan handphone sakti ini menjadi modem, sempat hampir frustasi, karena gak langsung konek sebagai modem oleh Bluetooth nya, trus juga pake kabel yang dikebanyakan website dikenali sebagai /dev/ttyACM0 ini tidak bergeming, nah setelah bertanya ke millist id-ubuntu, maka ditemukan jawabannya yaitu jadikan dulu devicenya sbg modem dengan rfcomm yang natinya akan dikenali sebagai rfcomm0, lalu connectlah pake wvdial..

Nah sekarang gw malah bingung lagi, dikasih pinjam modem SpeedUp HSDPA GSM dari kantor yang juga bisa digunakan USB, nah waktu dicolokin modemnya gak detect, tapi harddrivenya gak jalan.. sampe sekarang belum tau nih solusinya…

Selain itu juga saya juga menemukan sebuah ke-error-an lagi dimana open office calc nya error-ejing pada waktu membuka file ber extention .xls tapi isinya setelah di VI ternyata XML nya Microsoft Excel. Tapi klo yang ini keliatannya kesalahan di scriptnya karena aku buka peke applikasi php untuk membaca file excel, tetep aja error.

Hmm melihat error2 yang terjadi ini, apakah saya harus kembali dengan kebiasaan lama menggunakan windows? Klo dari lubuk hati yang paling dalam sih gak mau, Cuma klo dari segi effisiensi, yah kita liat aja nanti… Doakan gw berhasil menggunakan PINGUIN… BRAVO PINGUIN… => gak janji sampe kapan :D

7 comments:

Aris P said...

:D komen bagian tidak bergeming.

berarti bergerak/mau dong? menurut KBBI bergeming artinya diam saja/tidak bergerak.

-----
Komen lain:
Teruskan perjuanganmu nak. Aku di opensuse 10.3 make modem e220 bisa nyambung dengan sukses make wvdial :D

podelz said...

yah itu bener tidak bergeming, setelah di colok, tidak terjadi apa2 pada ubuntu saya, artinya diam saja :(

iya e220 banyak banget referensinya, klo yang speedup, gak jelas nih, di bodynya aja gak ada tipenya :(

siap pak saya akan teruskan perjuanganmu :p

Wongdidit said...

udah., beli stikernya windows ajah..:p

Akhmad Fathonih said...

file XLS-nya extensi docx ya? OOXML format?

Pake windows gpp, asal beli aja lisensinya. Soalnya malu dong ah, korporasi besar masih pakai bajakan :p

podelz said...

@wongdidit: wah bener banget dit.. cari di glodok aja kali yak..

@mas Toni: gak extensionnya .xls aku dah coba buka pake gnumeric sama aja hasilnya :(, kliatannya ada something wrong di codenya, nah yg ngecode gak mau ganti, disinkan windows or mac minded, gak peduli dengan linuxer, atau mau coba2 buka? nanti tak kirimkan filenya :D

nah yang besar itu kan kantornya, ini barang personal, jadi gak bisa diinstallin (anak IT nya gak mau:(, panjang birokrasinya...), lagian juga anak IT sini banyak pake Mac :|

Nike said...

Ayo...instal Ubuntu :)

somebody said...

酒店經紀人,菲梵酒店經紀,酒店經紀,禮服酒店上班,酒店小姐,便服酒店經紀,酒店打工,酒店寒假打工,酒店經紀,酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工經紀,制服酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工,酒店經紀,制服酒店經紀,酒店經紀