Sunday, October 26, 2008

Nginstall Open Office 3 di Ubuntu Hardy Heraon


Sejak rame dibicarakan di millist2 ada openoffice 3, gw blm sempat untuk ngupdate dari open office 2.4 ke versi 3-nya, karena malas membawa notebook ke tempat yang ada internet kencengnya. Nah baru hari ini sempat untuk ngupdatenya... Berikut caranya:
  1. Downloadlah master ubuntu yang untuk linux (dalam hal ini debian, karena ubuntu basenya debian), di kambing, simpan di home. download OOo_3.0.0_LinuxIntel_install_en-US_deb.tar.gz untuk laptop i386 atau OOo_3.0.0_LinuxX86-64_install_en-US_deb.tar.gz for AMD64.
  2. Jika di ubuntu anda udah ada Open Office 2.4 remove terlebih dahulu dengan perintah sudo apt-get remove openoffice.org-core, klo gak ada langsung step 3.
  3. Jika sudah selesai terdownload di komputer anda, trus buka terminal (Application>Accessories>terminal), pastikan anda berada di home directory.
  4. Jalankan perintah-perintah berikut:
  • tar zxvf OOo_3.0.0_LinuxIntel_install_en-US_deb.tar.gz
  • cd OOO300_m9_native_packed-1_en-US.9358/DEBS/
  • sudo dpkg -i *.deb
  • cd desktop-integration/
  • sudo dpkg -i *.deb
Open office anda sudah terinstall, silahkan jalankan Application>Office...

selamat menikmati Open Office 3, kalo banyak error, silahkan laporkan ke pembuatnya jangan ke saya :D

source:
http://www.rebelzero.com/ubuntu/installing-ooo-300-onto-hardy-heron/27