Tuesday, November 25, 2008

Dedikasi Seorang Interviewer Market Research

Beberapa kali saya melakukan perjalanan keluar kota hanya untuk mengikuti yang namanya market research. Market research yang saya ikuti ini kebanyakan dilakukan untuk bertemu dengan pelanggan dan menanyakan apa sebenernya maunya mereka dan juga saran dari mereka sehingga mendapatkan feedback balik dari para pelanggan untuk memperbaiki sesuatu yang kita teliti. Sesuatu tersebut dapat berupa barang ataupun jasa.
Dalam mengikuti market research, saya tidak pernah mengaku bahwa saya bekerja di perusahaan yang ingin barangnya di tanya, tetapi saya mengaku bahwa saya bekerja di perusahaan research tersebut.
Jika melihat hasilnya, pastilah terjadi pro dan kontra tentang hasil research ini, ketika barang yang kita research mendapatkan response positif dari respondent (orang yang kita tanyain), maka orang-orang pasti akan sangat menyetujui hasilnya, namun jiga responsenya negatif, maka orang-orang akan menanyakan metode researchnya atau hanya sekedar mencari kesalahan-kesalahan yang tidak penting menurut saya.
Oke terlepas dari itu semua, yang menurut saya HEBAT adalah orang-orang lapangan yang benar-benar bekerja di bidang ini, dimana mereka yang tidak tahu tentang produk yang ditanya, mereka harus belajar keras untuk memahaminya. Selain itu juga mereka harus menjawab pertanyaan-pertanyaan respondent yang sebenernya bukan tanggung jawab mereka.
Mencari respondent adalah tugas mereka, ini adalah tugas yang berat, karena terkadang para respondent takut atau bahkan menolak sebelum dijelaskan lebih lanjut.
Mereka panas-panas untuk mencari respondent yang sesuai kelompok yang disasar hanya untuk sesuap nasi. Ketika saya mengikuti mereka, saya kemudian mendadak merasa sangat bersyukur sekali dengan keadaan saya yang bekerja di bawah AC dan tidak perlu ketemu dengan orang berbagai rupa dengan complaintnya dan juga tidak perlu merubah bau saya menjadi bau matahari.
Yah saya cuma ingin memberi tahu kepada teman-teman, untuk menghargai orang-orang ini, jika kita memang tidak bisa dan tidak mau, tolong berilah penjelasan kepada mereka secara halus, jangan langsung bilang TIDAK.

3 comments:

xvader said...

WAKAKAKAKAKA...

jadi inget pas jadi 'babu kuesioner' beberapa minggu lalu :P

bener-bener melelahkan plus under pressure, karena waktu deadline yang mepet.

ditambah lagi dengan tingkah aneh responden dan pengusiran-pengusiran (oleh pak rt, dikira sales, dicurigai maling, dsb).

=))

Ranny Rachma Suci said...

sebagai seorang marketing juga (cieelah) saya bisa mengerti perasan kau teman....

somebody said...

酒店經紀人,菲梵酒店經紀,酒店經紀,禮服酒店上班,酒店小姐,便服酒店經紀,酒店打工,酒店寒假打工,酒店經紀,酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工經紀,制服酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工,酒店經紀,制服酒店經紀,酒店經紀