Thursday, November 06, 2008

Pulau Panambungan



Hari minggu kemarin gw jalan-jalan ke pulau panambungan. Pulau ini adalah pulau yang terletak di Propinsi Sulawesi Selatan dengan Latitude 4° 57' 8 S dan Longitude 119° 21' 42 E.
Pulau ini dulunya adalah pulau milik Pengusaha Bosowa yang kemudian di berikan kepada Hotel Imperial yang merupakan mesin pencetak uang pengusaha bosowa juga untuk kemudian dikembangkan.
Gw ke pulau ini mengikuti paket tour yang dilaksanakan oleh Hotel Imperial Arya Duta Makassar. Dari Makassar kita naek boat pribadi punya Bosowa Group yang harganya ditaksir sekitar Rp 8 Milyar dan biaya perawatan Rp 7 juta sebulan (kata awak kapalnya). Lama perjalanan kami sekitar 45 Menit. Harga untuk paket ini gw gak tau karena diurusin sama temen, tapi saya bayar Rp. 200 ribu dan saya sudah dapet makan siang plus snack2nya (mungkin temen gw nombok :D ). Luas pulau ini tidak lebih besar dari luas kantor saya kali.
Sampe disana gw terkagum-kagum dengan air nya yang terlihat hijau karena dibawahnya karang dan juga airnya sangat bening. Pulau ini tidak ada penghuninya, namun orang-orang dari pulau sebelah sering datang untuk membersihkan pulau ini (tentunya di bayar oleh pihak imperial hotel). Walaupun tidak ada penghuni, namun ada kejanggalan di pulau ini yaitu terdapat 6 buah kuburan, yang diindikasikan (tidak ada yang tau ini kuburan siapa) adalah 1 keluarga karena terdapat 2 kuburan berukuran besar dan 4 kuburan berukuran anak-anak.
Di pulau ini terdapat pohon-pohon cemara yang tidak lebat. Pasirnya putih tapi dikala siang tidak panas seperti pasir putih lainnya.
Jika kita pergi ke sini di pagi hari, maka kita tidak bisa melakukan kegiatan di air seperti snorkling karena airnya surut, baru setelah jam 2 airnya naik dan kita bisa melakukan snorkling ini. Nah dengan paket ini, kita tidak perlu membayar untuk menyewa kacamata snorkling. Tidak semua sudut pantai di pulau ini bisa dilakukan snorkling, karena ada beberapa bagian yang isinya adalah bulu babi.
Dipulau inilah untuk pertama kalinya gw melihat bintang laut yang masih hidup dan bergerak-gerak. Waktu snorkling saya begitu terkagum-kagum dengan indahnya laut indonesia dengan segala bentuk kehidupannya.
Namun pulau ini masih dalam tahap pengembangan, jadi kita tidak bisa menginap, karena cottage yang baru di bangun belum 100% beroperasi, setelah saya tanya ke pihak management hotel kemungkinan baru januari 2009 cottage akan diaktifkan. Walau belum bisa menginap tapi di bermain sepanjang siang sangatlah mengasikkan di sini. Semoga saja di tahun depan jika semua fasilitas sudah jadi, pulai ini bisa membantu meningkatkan pariwisata indonesia.

23 comments:

Ranny Rachma Suci said...

keren bangwet jadi pengen kesana

podelz said...

payo peh.... kau ongkosin aku :D

PB said...

waaaaa eager wanna go there... but main target masih Danau Toba :D *puueengen bgt kesana*

Nike said...

itu jalan-jalan apa liburan apa tugas? kok jauh bener jalan-jalannya :D

Boaz Wibowo said...

you are so lucky... :)

nhie said...

gw aja di mks nggak pernah ke pulau itu


salam dari makassar ;)

Ellie said...

keren banget dellll
sumprit gw baru tau ttg pulau ini

andaluzzia said...

hmmmm sepertinya menarik utk dikunjungi... tapi jaoohh man di makasar sono.. udah tiket mahal, transit pulaa..

eh poto2 dgn j ga dipasang del? :))

fitri said...

kaya seru tu pergi kesana...
tempatnya bagus banget, masih bersih bgt...
bisa jd salah satu alternatif buat liburan ne :D

dafferianto said...

Wah, deket Makasaar ya? Sama siapa tuh plesirannya? :D Kok ga diceritain sih? :P
Sayang belom bisa diinepin... Pasti lebih asik klo bisa nginep....
Jai pengen snorkling... belom pernah je.... :|

all the best,
Dafferianto

Pino said...

waah...itu tempat syuting Pulau Hantu yaa???

koq ada kuburannya sgala dah???

Ivy said...

Mirip sama pulau Rubiah di Sabang Island tuh deskripsinya........

Anonymous said...

amazing place :)... i wanna be there someday. get more picture there.


yohanes

podelz said...

@ijul: poto dgn jay? gak ah :P
@fitri: mau honeymoon kesana?
@Daffe: kurang ajar kau...
@Pino: gak kali pin... klo lo dateng maka lo hantunya:D
@ivy: wah pengen ke sana juga
@yohanes: please come there, take your picture

evy said...

duta pariwisata del? :d
hmm curiga nih kalau km ke Sulawesi, hayo ngapain? hahaha
Keindahan pulau itu ketika tidak banyak dijamah oleh tangan2 yang gak bertanggungjawab..so lebih alami. Mantap mang melihat dari isi laut cukup dari permukaan nya aja..cling.

Aji Setiabudi said...

Hmm ... ga bisa buat diving ya?
Bagusnya kalau diving ... rekorku baru 7 meter, itupun di kolam renang :)) we ke ke. Paling cuman nemu gelang sama kaporit ajah.

Nira said...

baguuusss..
Bokap Gw mrnjajikan buat liburan kesana
yipiiii..

Tapi kenapa ga bisa diving ya?

sigit said...

Wah kereeen pulaunya boss....Airnya bening banget, jadi pingin. Ntar deh kesana kalo udah dapat tiket gratis..:D

robby said...

Fotonya sih bagus tp kok sayang ada foto wajah besar di sebelahnya jd pgn eekkkkk.. hehehehe..

Kapan2 coba snorkeling di bali..

dewa said...

jadi merinding gw abis baca tulisanmu del...hiiii
thn dpn kan dah ada cottage nya tuh del, trus rencanamu piye?

woro said...

pantes kagak pernah nongol di ws.. kerjaannya ngabisin duit muluk yak,, kekekekke,,

somebody said...

酒店經紀人,菲梵酒店經紀,酒店經紀,禮服酒店上班,酒店小姐,便服酒店經紀,酒店打工,酒店寒假打工,酒店經紀,酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工經紀,制服酒店經紀,專業酒店經紀,合法酒店經紀,酒店暑假打工,酒店兼職,便服酒店工作,酒店打工,酒店經紀,制服酒店經紀,酒店經紀

ambassador rent car said...

benar benar mantap pulaunya Rental Mobil
Makassar