Saturday, November 29, 2008

Wisata Kuliner Di Makassar

Berapa kali datang ke Makassar dan tanpa sadar saya selalu makan makanan yang itu-itu saja di sana, karena rasa rindu yang mendalam terhadap makanannya. Seperti kata Pak Bondan “Mak Nyussss”. Nah saya mau berbagi makanan-makanan tersebut:
  1. Pallu Basa Srigala, yaitu sebuah makanan yang mempunyai kuah yang isinya adalah jeroan, pipi dan daging sapi, serta dikasih kelapa. Ada yang unik disini dimana dimasukkan merah telur mentah kedalam kuahnya ini. Dan menurut saya rasa kuahnya inilah yang membuat kita terngiang-ngiang rasanya. Letak makanan yang biasa saya makan ini adalah di jalan Srigala, Makassar. Makanan ini dihidangkan dengan nasi, dan minumnya tentu saja Teh Botol.
  2. Rempeyek di depan Pallu Basa Srigala, yah seperti rempeyek-rempeyek lainnya, tapi karena ketipisannya dan kegaringannya sehingga membuat lidah ini ingin mengunyahnya lagi. Hmmm...Yang jual adalah penjual keliling, tapi dia tetap mangkal di samping Pallu Basa Srigala.
  3. Coto Makassar, yah semuanya tau tentang masakan ini, ini adalah makanan yang berkuah yang mempunyai cita rasa tersendiri, yang didalamnya juga merupakan daging-dagingan serta jeroan. Menurut teman saya yang pernah kuliah di Makassar makanan ini aslinya dibuat oleh laki-laki. Makanan ini dihidangkan dengan ketupat.
  4. Pallu Marra, mungkin ada tau masakan kepala kakap dari padang atau asam pade dari Aceh, yah masakan ini seperti itu. Kepala kakap dimasak dengan kuah yang berwarna kuning, dan rasanya agak asam. Pokoknya ajipppp.....
  5. Pisang Ijo, adalah pisang yang dilapisin dengan tepung yang berwarna hijau. Dihidangkan dengan tepung manis yang terkesan seperti kuahnya serta dicampur dengan sirup merah yang harum, susu dan es batu. Kalau panas-panas enak sekali makan ini. Pisang ijo yg terkenal adalah pisang ijo bravo.
  6. Pallu Butung, seperti pisang ijo tapi tidak dilapisi tepung yang berwarna hijau..
  7. Sup Konro Bakar, Saya biasa makan ini di Mall Panakukkang deket 21, ini enak buanget... Konro-nya di bakar di kasih bumbu kacang, dan kuah nya dikasih kuah yang berisi rempah-rempah dan berwarna hitam... Kenyang-kenyang deh makan ini...
Hmm... kalau ke makassar jangan lupa makan-makanan yang ada di atas.. Semua orang makassar pasti tau, tinggal bilang ke tukang taksi pasti diantar sampai tujuan.

5 comments:

Nike said...

makan teruuussss...

tambah buncit tuh perut ntar...

Ranny Rachma Suci said...

hmm kirim ke palembang apo....

podelz said...

@nike: iya nih :(
@rany: la basi duluan gek dio :D

Ulistrobery said...

Belum coba Kapurung? Lawa'? Pisang epe'?

Toko Online Kalistajaya said...

thanks informasix gan…
http://www.ramuanku.com/products.php?cid=16