Friday, December 12, 2008

Detik.com versi mobile

Sadar akan perkembangan dunia mobile semakin pesat, detik.com pun tidak ketinggalan untuk menggarap portal berita mereka menjadi versi mobile. Tidak cuma itu saja, mereka juga membuat versi mobile ini untuk forum mereka juga, akankah content dari perusahaannya detik.com juga akan membuat versi mobile juga? Mari kita tunggu saja.

Nama domain yang mereka pakai adalah m.detik.com. Ini sama seperti facebook dan friendster mobile yang menaruh huruf “m” didepan nama domain utama mereka. Apakah “m” akan menjadi keyword buat mobile website kedepannya? Mari kita lihat perkembangannya.

Tapi memang headline yang ditunjukkan di portal berita detik.com versi mobile ini tidak sebanyak yang versi online, mereka hanya menempatkan 3 buah headline di halaman depan, dan 5 buah headline jika kita klik index beritanya.

Saya sempat terpikir dimanakah sisi komersialnya, mengingat mereka adalah perusahaan yang juga membutuhkan revenue untuk dapat lebih berkembang. Sisi komersial dari media seperti koran atau portal berita adalah iklan-iklan yang terpampang dikoran atau portal berita tersebut. Mereka ternyata mereka sudah menyiapkannya. Saat ini space tersebut diisi oleh Opera Mini (tidak tahu apakah Opera Mini ini membayar ke detik.com atau tidak, atau detik.com memang mempromosikan Opera Mini, agar orang-orang semakin banyak yang mengakses portal versi mobile mereka dengan menggunakan Opera Mini tersebut). Space tersebut berada di bagian paling atas. Dan itu pun hanya satu. Bagaimana cara mereka mengatasi tuntutan dari para client mereka yang banyak itu yang ingin memasang iklan di mobile, padahal space-nya hanya satu saja? Yah sekali lagi mari kita amati.

Salah satu kecanggihan dari m.detik.com ini adalah mereka akan memindahkan halaman mobile mereka ke halaman portal reguler (detik.com) jika kita mengakses melalui browser di komputer. Ini berbeda dengan facebook, friendster, plurk, bahkan google mobile yang tidak memindahkan halman mobile mereka ke halaman reguler mereka. Tapi kadangkala pemindahan halaman ini menurut saya tidak dibutuhkan, bagaimana jika ada pembaca setia mereka yang memiliki koneksi lambat, mereka bisa mengkases melalui versi mobile ini kan? Mungkin mereka melakukannya untuk melindungi iklan mereka agar tetap di akses, kalau itu tidak di pindahkan halamannya yah iklannya cuma satu doang, kalau lewat portal reguler yah kan jadinya banyak, ini lah sisi komersial mereka.

BTW, Salut buat detik.com, ini memang sudah saya tunggu dari dulu, kenapa mereka baru terpikir sekarang yah? Saya ingat dulu mereka punya portal unuk mobile tetapi kita harus berlangganan terlebih dahulu dengan Content Provider mereka, tapi mereka sekarang tau apa yang pasar minta.

1 comment:

xidea said...

kyknya mobile detik yang lama bakalan ditenggelamin.. hehhee
salam...