Thursday, December 11, 2008

Internet sebagai Kehidupan Sosial

Sifat dasar manusia sebagai makhluk sosial adalah tidak bisa hidup sendirian tanpa teman. Memang benar, kadangkala manusia butuh sendiri tidak mau bertemu orang lain (anti sosial), tetapi itu hanya sesaat untuk me-refresh kembali otak mereka. Kehidupan sosial adalah kehidupan dimana orang bisa saling berinteraksi satu sama lain.

Kehidupan sosial banyak sekali bentuknya seperti clubbing, dugem, kopdar, nongkrong, diskusi, kerja kelompok.

Pada awalnya manusia melakukan kegiatan-kegiatan sosial tersebut dalam dunia nyata, dengan saling berkenalan satu sama lain. Tentu saja tidak serta merta mereka langsung berkenalan, tapi kebanyakan mereka berkenalan melalui perantara seseorang.

Seiring dengan waktu dan tumbuhnya internet di dunia, berangsur-angsur kehidupan sosial ini mulai hidup di internet. Mulai dari chatting sampai dengan micro blogging, mereka melakukan kehidupan sosial layaknya dunia nyata.

Banyak sekali website-website yang mendukung kehidupan sosial di internet misalkan saja yahoo chat, friendster, facebook, multiply, blogger.com, wordpress.com, twitter dan juga plurk.

Pada waktu pertama kali internet yang paling ngetop adalah chatting, sampai sekarang kegiatan ini masih banyak dilakukan orang. Chatting adalah kegiatan ngobrol biasa tapi dengan orang yang berada di lain tempat. Pada mulanya chatting hanya bisa dilakukan dalam bentuk text, namun sekarang sudah bisa melalui suara dan gambar (video). Orang yang melakukan chatting ini, bisa dengan orang yang sudah kenal ataupun orang baru yang di temui melalui chat room.

Friendster, Facebook, hi5 adalah situs pertemanan, dimana orang bisa melihat profil tentang teman-teman mereka yang sudah dikenal sebelumnya atau orang baru yang ingin mereka jadikan teman. Disini manusia bisa saling bertukar informasi, foto, saling berkirim pesan dan bahkan janjian untuk bertemu di dunia nyata.

Blogging/micro blog adalah kegiatan menulis sesuatu (yang sedang saya lakukan), yang tujuannya adalah berbagi informasi. Tetapi seiring dengan berkembangnya isi dari blog tersebut, terkadang suatu blog memiliki pembaca setia yang membaca blog tersebut, dan orang yang membaca tersebut bisa mengomentari tulisan dari blogger (orang yang blogging). Nah karena adanya interaksi ini, menimbulkan keinginan untuk melakukan diskusi lebih lanjut sehingga mereka melakukan pertemuan di dunia nyata. Selain itu, kegiatan blogging ini juga mencipatakan banyak komunitas-komunitas baru di dunia nyata, karena mereka memiliki visi dan misi yang sama satu sama lain.

Nah kehidupan sosial dalam dunia nyata sangat mengasyikkan, manusia bisa melupakan kepenatan yang timbul akibat aktivitas sehari-hari dan juga lupa waktu. Kehidupan sosial di internet-pun demikian, namun kadang sewaktu mereka melakukan aktivitas sosial di internet, terkadang terlihat aneh oleh orang lain, hal ini disebabkan karena bentuk dari teman beraktivitas ini tidak bisa dilihat oleh orang lain tersebut.

1 comment:

Nike said...

awas del... gek kebayakan online...

*denger lagu saykoji*

on line on line.... :D