Wednesday, December 03, 2008

KASKUS di Koran Kompas

Koran Kompas hari ini tidaklah beda dengan hari kemarin, isinya banyak berita-berita politik, sosial, ekonomi, teknologi dan juga iklan-iklan dari produk-produk suatu perusahaan. Melirik ke halaman 26, ada sebuah iklan di kanan bawah yang menimbulkan suatu pertanyaan buat saya? Iklan tersebut adalah iklan kaskus.
Sebelum membahas iklan lebih dalam, ada satu pertanyaan saya dari dulu tentang kaskus ini, kenapa taglinenya kaskus itu the largest indonesian community, tapi anehnya kok domainnya kok .us?
Ah sudalah kembali ke iklan. Banyak orang sudah mengenal namanya kaskus ini (apalagi sebelum BB17 ditutup :D), dimana banyak orang yang datang ke forum-forum ini untuk melakukan kehidupan sosial di dunia maya.
Apa yang menjadi anehnya iklan tersebut di kompas adalah keknapa disaat lagi heboh-hebohnya orang untuk mempelajari media online, mereka memasang iklannya di koran kompas.
Seharusnya merekalah yang menjadi medianya. Kompas mengiklankan koran mereka atau link mereka di kaskus bukan sebaliknya. Ntah mengapa kaskus memasang iklan ini, atau mereka sudah mulai ditinggalkan oleh para kaskuser?
Dengan jumlah hit yang luar biasa (tidak tau angka pastinya berapa, tapi berdasarkan posting di forum responsenya sekali refresh bisa langsung bejibun). Harusnya mereka bisa menjadi salah satu media online tempat orang memasang iklan.
Jika mereka memang ingin mengakusisi pelanggan baru mereka, mengapa mereka tidak mengiklankan diri mereka di media online juga seperti blog-blog. Saya rasa dari segi cost mereka akan jauh lebih hemat.
Saya menyarankan mereka itu mengiklankan diri mereka di blog karena pasar mereka adalah pengguna internet. Toh minimal potiensial usersnya adalah orang-orang yang bisa atau pernah minimal 1 kali mengakses internet. Jika mereka memasang iklan di media offilne (seperti koran), maka recallnya bisa jadi sedikit dan tidak sebanding dengan spending money yang mereka keluarkan, hal ini dikarenakan penetrasi internet di indonesia kurang dari 10% (hasil googling and blog walking) dan jika dikalibrasikan dengan pembaca kompas yang tidak semua penduduk Indonesia membacanya ditambah barrier-barrier lain seperti lupa, yah recallnya tinggal se-uprit kali yah. Kalau di media online yah yang melihat juga pasti orang-orang yang suka browsing dan kecendurngan untuk langsung berkunjung ke kaskus akan lebih cepat tidak ada barrier lupa :D.

9 comments:

AdityaWirawan said...

uhhh udah lama ga cari link donlotan film korea ma japan di kaskus. wekekekeke

@nuri said...

supaya dia terhindar dari hukum .id dengan memakai domain .us (selain hostingnya emang di sono) kalo ada clash. kontennya kan macem2, mulai dari jualan komik sampe bb17 (dulu, dah kena uuapp deh ini).

soal iklan itu timbal balik. akan naif sekali kalo para "online"r tidak memandang media offline sebagai salah satu ladang untuk mencari calon customer. begitu juga sebaliknya.

podelz said...

@Nuri: Setuju sekali bang kalau masalah naif itu, tapi untuk kasus ini apakah seimbang nilai uang yang dikeluarkan sama kaskus untuk ngiklan di kompas (gitu loch)? dengan value yang akan mereka dapatkan dibandingkan dengan ngiklan di online?

podelz said...

barusan saya liat dimeja temen ada yang dapet invitation buat acaranya kaskus.. hmm. Acaranya hari ini...
Yah kalau memang mereka mau ngadain kopdar atau discuss di dunia nyata mereka harus memperkenalkan diri dulu. Karena penetrasi internet di Indonesia gak gede jadi butuh media offline buat memperkenalkan diri mereka yang penetrasinya sudah gede.

Anonymous said...

Gua ga masalah dia mau domain di mana. Gua kaskuser, dan gua sih fun aja karena ada game sebenernya di iklan tersebut yang berhadiah Wii, PSP, dll. Mau tau game apa di iklan itu?? Makanya ngaskus.

mas wisnu dot cum said...

slm.knl aj dr wisnu
www.mas-wisnu.co.cc

jemiro said...

pokonya maju terus dunia kaskus hehehe

ummysarimbit said...

met kenal mas...

Belly Surya Candra Orsa said...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)