Wednesday, December 17, 2008

Kekuatan Tagline terhadap Presepsi (Berkaca Pada Vitron)

Mungkin anda tau tentang DVD Player bermerk Vitron, sebuah DVD Player yang membanjiri pasar-pasar elektronik seperti glodok. DVD ini memiliki tagline "The Great Japan Technology".
Mari kita bahas tentang taglinenya. Secara alam bawah sadar saya, tagline vitron ini mengindikasikan bahwa mereka itu adalah produk jepang. Yah mereka berhasil menamkan presepsi bahwa vitron adalah produk jepang di mata saya. Dengan adanya persepsi di benak saya bahwa vitron adalah produk jepang, maka saya keinginan saya untuk membeli lebih kuat selain melihat dari harganya yang relatif murah.
Mengingat market DVD Player di Indonesia banyak dikuasai oleh produk-produk jepang, mungkin itulah sebabnya mereka memasang kata-kata jepang di tagline mereka untuk mengalahkan produk-produk yang benar-benar asli dari Jepang seperti sony (diedit biar orang gak salah :)) dan lain-lain.
Setelah saya diskusi dengan seseorang yang dahulu adalah karyawan dari vitron mengatakan bahwa vitron ini adalah produk dari tanah cina, bukan jepang. Hmm, saya langsung saja berfikir, wah hebat sekali tagline itu, bisa merubah image persepsi calon pelanggan mereka.
Dari segi bahasa, jika ditelaah lebih lanjut mereka tidak salah, mereka bilang bahwa Vitron itu The Great Japan Technology, yang artinya bahwa produk itu menggunakan teknologi dari jepang bukan produk itu berasal dari jepang. Semua pelanggan tidak akan memikirkan sampai mendetail seperti itu, untuk saya, yang saya tangkap dari tagline itu pertama kali adalah karena dia menggunakan teknologi Jepang berarti mereka itu dari Jepang,.
Apa yang bisa kita pelajari dari sini, orang Cina tidak malu untuk mengatakan bahwa produk mereka menggunakan teknologi dari dunia luar, walaupun sering dibilang mencontek teknologi luar oleh orang lain, ini berhasil mengubah image persepsi seseorang terhadap produk itu kearah yang lebih positif, ingat, kalau image persepsi itu positif, maka kecendrungan salesnya juga akan positif.

3 comments:

hendrik @ Twentea said...

yah delz salah loe LG Samsung itu korea bukan jepang... anyway skrg emang banyak tuw tagline2 buat nipu org yg duit pas2an... kasihan jg sih... bli aja pas2an dapet barang jg buluk.

untuk deh lu bisa pikir jauh delz huahuahua. mending samsung atau LG udah affordable jg kok harganya skrg.

podelz said...

wakkak kebodohan gw berikutnya iya yah LG dan Samsung itu produk korea (lol)... siapa sih yg nulis ini... harusnya nulisnya sony gitu (lol)

Julia said...

wew lumayan baca2 buat nambah ilmu. nyasar disini dianterin om google. makasi ya, kebetulan lg skripsi tema "kekuatan tagline pada produk iklan"

salam kenal
-julia-