Monday, January 04, 2010

2010, Ayo Selamatkan Bumi

Happy New Year 2010, semua orang sorak-sorak gembira untuk merayakan tahun baru. Dimana saja di belahan bumi ini senang merayakan tahun baru, ntah kenapa tahun baru ini dirayakan sangat meriah.
Sekarang sudah 2010, bumi sudah semakin panas, mungkin benar apa yg terjadi di film 2012 itu akan terjadi. Pemanasan global ntah apa artinya, yg pasti bumi ini semakin panas, itu es di kutub bisa cair, lah volume air di dunia ini akan meningkat, daratanpun semakin menyempit sedangkan jumlah penduduk di dunia terus meningkat (pada hobi beranak sih..).
Salah satu yang menjadi pemanasan global adalah penebangan hutan secara liar. Padahal itu yang nebang (terutama otaknya, pebisnis kayu/perkebunan) di SD sempat di ajarkan bahwa pohon itu bisa mengurangi polusi. Coba klo siang panas-panas kita liat pohon, enak rasanya ngadem dibawahnya. Mungkin kadang kita gak sadar, kita juga turut berkontribusi untuk melakukan penebangan pohon, kadang kita ngeprint yang harusnya bisa pake kertas daur ulang kita menggunakan kertas baru. Lah kertas itu kan bahannya dari pohon, jadi klo makin banyak kita buang kertas yg gak penting makin banyak pula pohon yang ditebang untuk kepentingan kita yang gak penting itu (bosone mumet).
Saya jadi inget program pemerintah One Man One Tree, dan saya jujur belum melakukannya... bingung mau nanem dimana, orang kaga ada tanah lagi, semuanya jadi bangunan. Kalau kita coba-coba tanam something di Sudirman sendirian yg ada dimarahain sama pak polisi atau petugas tanam kota. Selain itu banyak juga lahan kosong di beberapa tempat di jakarta yg tak liat dibiarkan begitu saja, kenapa gak ditanam pohon aja yah? (mungkin gw akan tau jawabannya setelah gw punya tanah-tanah itu.. huakakak).
Yak kerusakan bumi tidak hanya karena pemanasan global, tapi juga ada hal lain seperti sampah. Sungai Ciliwung yang menurut gw sudah sangat bau dan tidak layak pakai dipenuhi oleh sampah. Siapakah yg berkontribusi untuk memberikan sampah. Ya manusia sendiri. Tanpa sadar orang suka membuang sampah sembarangan. Saya tidak menyalahkan orang-orang tersebut juga karena mereka juga bingung mau dibawa kemana sampahnya, lah wong tempat sampahnya aja susah ditemuin (di sudirman & gatsu), kalaupun ada ya ditutupi seng :P (seperti di komplek2).
Kemarin sempat pergi ke Pulau Ayer, tapi ya itu sampai setengah jam naik kapal dari Marina, masih ada detemuin sampah. Haha sempat pikiran tolol keluar, lama-lama ikan yang ada di ciliwung atau di laut teluk jakarta akan bermutasi menjadi ikan monster, lalu manusia yg memakannya juga akan bermutasi menjadi X-Man *gak penting abiss*.
Haha, banyak orang membuat resolusi macam-macam di tahun baru (2010). Apakah ada yang membuat daftar-daftar seperti di bawah ini:
  • Matiin komputer kalau pulang
  • Berhenti Membuang Sampah Sembarangan
  • Menggunakan kertas seperlunya
yak itu contoh dari sekian banyak kegiatan yang dilakukan untuk menyelamatkan bumi. Apakah kita sudah melakukannya? (ngaca dl ah... wakaakka). Ah BTW, Happy New Year Teman...

4 comments:

Nda said...

gpp pake kertas, tp jgn berlebihan, dan kudu rela buat nanem pohon.. pohon ya, yg ada batangnya, bukan cuma pohon cabe yang ga berapa lama mati :D

Anonymous said...

ehmm,,,kemarin2 ini lg gak peduli ni ma lingkungan,ngaku dosa setelah baca blog ini,hehehe

The Spiral Eyes said...

saya suka membaca perkataan di blog kamu,ia sama seperti perkataan bahasa malaysia.Mudah difahami.Terima kasih atas infonya ya

Liana said...

good idea